Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone Agar Awet dan Tahan Lama

Sumber Gambar : http://oketekno.com/

Saya pernah mendapatkan pengalaman buruk tentang baterai. Itu terjadi sekitar 4 bulan yang lalu. Pada saat itu, smartphone yang belum berusia dua bulan tiba-tiba tidak bisa digunakan. Setelah saya buka casing-nya, ternyata penyebab kerusakan tersebut adalah baterainya. Ya, baterai smartphone saya itu sudah kembung meski pemakaiannya belum sampai dua bulan. Setelah saya browsing di internet, saya akhirnya mengetahui bahwa memang jenis smartphone yang saya pakai memiliki kelemahan pada baterainya. Namun, juga tidak dapat dipungkiri bahwa cara pemakaian saya terhadap baterai tersebut memiliki andil dalam mempersingkat umur baterai smartphone saya.

So, dalam artikel saya ini, saya ingin berbagi tips agar kamu tidak mengalami hal yang sama dengan saya. Berikut tips-tips tentang cara memperpanjang umur baterai smartphone agar awet dan tahan lama:

Usahakan agar smartphone dimatikan pada saat pengisian

Menggunakan smartphone pada saat pengisian, sangat tidak dianjurkan karena dapat mempersingkat umur baterai. Jika tidak ada sesuatu hal yang terlalu penting, sebaiknya smartphone dimatikan saja ketika di-charge. Lagipula, pengisian akan lebih cepat jika dilakukan dalam keadaan smartphone mati.

Jangan biasakan menggunakan smartphone sampai baterainya benar-benar kosong

Terkadang kita terlalu asyik menggunakan smartphone sampai kita menggunakannya hingga baterainya benar-benar kosong. Kebiasaan seperti ini tidak baik untuk baterai. Usahakan charge baterai pada saat baterai berada pada persentase 10 sampai 15 persen.

Apabila baterai benar-benar kosong, segera charge smartphone kamu

Jika kamu terpaksa atau tidak sengaja menggunakan smartphone kamu sampai baterainya benar-benar habis atau kosong, sebaiknya kamu segera mengisinya. Membiarkan baterai benar-benar kosong dapat menyebabkan sel baterai tertidur dan tidak bisa kembali ke performa terbaiknya sehingga kapasitas baterai berkurang.

Hindari meng-charge baterai pada saat persentase baterai berada pada kisaran 40 persen

Persentase 40 persen merupakan titik di mana baterai berada pada kondisi seimbang. So, hindari mengisi baterai pada kondisi ini.

Jangan letakkan smartphone pada suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin juga tidak baik untuk baterai. Hal tersebut dapat mengurangi kapasitas baterai itu sendiri.

Jangan kebiasaan menggunakan Power Bank

Seseorang yang sering beraktivitas di luar biasanya akrab dengan Power Bank. Namun, ternyata menggunakan Power Bank tidak dianjurkan karena membuat baterai hp mudah panas yang tentu tidak baik untuk baterai.


Demikian tips dari saya tentang cara memperpanjang umur baterai. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, mohon dibagikan kepada teman-teman kamu agar mereka juga bisa merasakan manfaat yang sama. Dan, jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini, kamu bisa ketik kritik dan saran kamu pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

0 Response to "Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone Agar Awet dan Tahan Lama"

Post a Comment

wdcfawqafwef