Cara Instal Windows 7 Pada Komputer

Tampilan Desktop Windows 7

Komputer yang loadingnya lama tentu tidak menyenangkan. Biasanya ini terjadi karena komputer terinfeksi virus, bisa juga karena menginstal file yang terlalu berat bagi komputer, ataupun karena faktor lainnya. Terkadang kita sudah melakukan segala yang kita bisa untuk mengatasi masalah ini, namun tetap saja tidak berhasil. Jika sudah begini, mengistal ulang komputer biasanya menjadi solusi terakhir agar komputer bisa kembali seperti sedia kala :D

Namun, yang menjadi permasalahan adalah jika kita ingin menginstal ulang komputer kita, tapi kita tidak tahu caranya. Memang sih kita bisa membawa laptop tersebut ke tempat service komputer, tapi alangkah baiknya jika kita bisa memperbaikinya sendiri. That’s why, di sini saya ingin berbagi kepada teman-teman semua tentang cara mengistal ulang komputer. Dalam hal ini kita akan menggunakan Windows 7. Mengapa Windows 7? Karena Windows 7 lebih ringan bagi komputer sehingga loadingnya bisa lebih cepat. Lagipula, tampilan Windows 7 lebih sederhana sehingga mudah digunakan. So, langsung saja saya uraikan langkah-langkah mengistal Windows 7 pada komputer:

Pertama-tama, sediakan master Windows 7 nya, bisa dalam CD atau Flash Disk. Jangan lupa juga, sediakan driver komputer dan master program-program yang kamu akan gunakan setelah proses pengistalan windows selesai.

Amankan atau pindahkan semua data penting kamu yang tersimpan di Data C (System) termasuk Documents, Pictures, Music, Videos, dan Download. karena Data C lah yang akan diformat. Atau sebaiknya amankan semua data penting ke dalam Hardisk Eksternal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan juga, catat berapa GB (Giga Byte) kapasitas Data C (system) komputer kamu agar kamu tidak salah format nantinya.

Jika kamu menggunakan Flash Disk sebagai installer, silahkan colok ke komputer sebelum dihidupkan.

Hidupkan komputer kamu, dan segera tekan F2 atau Delete agar kamu bisa masuk ke BIOS nya (ada juga yang menggunakan Esc atau F1 bergantung pada jenis komputer kamu).


Masuk ke tab Boot.

Pada bagian ‘Boot Priority’, ubah first boot (boot pertama) menjadi CD ROM jika kamu menggunakan CD sebagai installer nya. Setelah itu masukkan CD ke komputer. Namun, jika kamu menggunakan flash disk, ubah first boot menjadi USB HDD yang tercantum merek Flash Disk kamu.



Setalah itu, tekan F10 dan pilih Yes.
Jika muncul tulisan Press any key to boot from CD or DVD, silahkan tekan salah satu tombol di keyboard kamu untuk melanjutkan.

Tunggu sampai loadingnya selesai.

Pada bagian ‘Language to Instal’, pilih English. Sedangkan pada bagian ‘Time and currency format’, pilih Indonesian (Indonesia). Dan pada bagian ‘Keyboard or input method’, pilih US. Kemudian klik Next.




Klik ‘Instal Now’.



Centang ‘I accept the license terms’. Klik ‘Next’.



Pilih Custom (Advanced).



Pilih partisi yang akan kamu format. Berhati-hatilah pada bagian ini karena salah memilih bisa menyebabkan data partisi lain yang terhapus (Data D atau E). Lihat catatan yang telah kamu tulis, kemudian pilih partisi yang kapasitasnya sama dengan yang ada pada catatan kamu. Atau kalau tidak memungkinkan mencatat kapasitas Data C komputer kamu, mulailah dengan mengklik pilihan teratas (pilih yang type nya PRIMARY) karena biasanya Data C merupakan pilihan (dengan type : primary) teratas, kemudian klik Format. Lalu, klik Ok. Setelah proses format selesai, klik Next.



Pada tahap ini, proses penginstalan Windows 7 telah berjalan.
Kalau kamu menggunakan Flash Disk untuk menginstal windows, tunggu sampai komputer mengitung mundur, lalu cabut Flash Disk kamu (sebaiknya tunggu sampai hitungannya menyisakan tiga detik lagi). Tapi, jangan sampai kamu terlambat mencabut Flash Disk nya.



Kalau kamu menggunakan CD, maka CD nya akan keluar sendiri nantinya.
Setelah itu, komputer akan restart.
Jika tulisan Press any key to boot from CD or DVD muncul lagi, maka kali ini jangan tekan apapun kalau kamu tidak ingin proses penginstalan memulai dari awal lagi. Tunggu saja sampai loadingnya selesai
Kemudian, ketik nama user dan komputer kamu. Klik Next.



Masukkan password. Jika kamu merasa tidak perlu menggunakan password, langsung saja klik Next.
 

Masukkan Serial Key. Kalau belum punya, jangan centang kolom Automatically activate Windows when I’m online. Kemudian klik Next.



Klik Ask me later. 



Atur waktu pada komputer kamu



Terakhir, instal driver laptop kamu dan juga software lainnya yang kamu butuhkan.
Demikianlah langkah-langkah menginstal Windows 7 pada komputer. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan jika terdapat kekeliruan dalam tulisan saya ini, jangan segan untuk berkomentar pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Sumber Gambar :
http://infokomputerrakitan.blogspot.sg/2015/06/cara-install-ulang-windows-7.html
http://www.pintarkomputer.com/2014/04/cara-mudah-menginstall-windows-7.html 

0 Response to "Cara Instal Windows 7 Pada Komputer"

Post a Comment

wdcfawqafwef