Cara Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Sumber Gambar : segiempat.com

Pronunciation (pelafalan/pengucapan) bisa menjadi sesuatu hal yang ‘tricky’ dalam Bahasa Inggris. Berbeda dengan bahasa-bahasa lainnya, seperti Bahasa Hindi dan Tamil, huruf-huruf dalam Bahasa Inggris memiliki banyak bentuk fonetis. Misalnya, huruf a dalam kata can dengan huruf a dalam kata war. Pada kedua kata ini, mereka masing-masing memiliki huruf a, tapi pelafalan huruf a pada kedua kata tersebut berbeda (/kæn/ dengan /wo:(r)).

Kesulitan pelafalan Bahasa Inggris untuk diprediksi membuat pronunciation menjadi sulit untuk dikuasai. Sebuah kursus mungkin akan sedikit membantu dalam menguasai pronunciation tersebut. Atau bisa juga dengan bergaul bersama English speakers (pembicara Bahasa Inggris), menonton film Bahasa Inggris, dan acara TV yang berbahasa Inggris. Namun, metode-metode di atas tentu membutuhkan usaha yang serius. Dalam artikel ini, kami akan memberikan sedikit uraian tentang cara melafalkan kata-kata Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

CONSONANTS

B
B biasanya dilafalkan seperti /b/ dalam kata big. Tapi, pada kata-kata yang berakhiran –mb seperti comb, plumb, numb, bomb, dan lain-lain, B tidak dilafalkan.

C
Biasa dilafalkan seperti /k/ dalam kata cat. Namun, terkadang c dilafalkan dengan /s/ ketika terletak sebelum huruf e,i, atau y seperti dalam kata ceiling, cistern, cynic, dan lain-lain. 

-dge
Biasa dilafalkan seperti /j/ dalam kata bridge.

G
Biasa dilafalkan seperti /g/ dalam kata go. Tapi, jika g terletak sebelum huruf e,i, atau y, huruf g sering dilafalkan dengan /j/ seperti dalam kata germ, ginger, gyrate, dan lain-lain.

-gh
Dalam beberapa kata, ejaan –gh dilafalkan dengan /f/ seperti dalam kata laugh. Akan tetapi, dalam beberapa kata seperti dalam kata high, ejaan –gh tersebut tidak dilafalkan.

H
Huruf h biasa dilafalkan dengan /h/ seperti dalam kata head. Namun, dalam beberapa kata, huruf h tidak dilafalkan seperti dalam kata hour, honour, dan lain-lain.

K
Umumnya dilafalkan dengan /k/ seperti pada kata kick. Akan tetapi, ketika huruf k tersebut diikuti oleh huruf n setelahnya seperti dalam kata knife, knight, dan lain-lain, maka huruf k biasanya tidak dilafalkan.

L
Huruf l biasanya dilafalkan dengan /l/ seperti pada kata leaf. Namun, pada beberapa kata yang setelahnya adalah huruf k atau f seperti pada kata talk, walk, half, calf, dan lain-lain, huruf l tidak dilafalkan.

S
Umumnya dilafalkan dengan /s/ seperti pada kata sun. Tapi, pada beberapa kata seperti nose dan president, huruf s dilafalkan dengan /z/. Kadang pula huruf s dilafalkan dengan /sy/ seperti pada kata television.

Th
Biasanya dilafalkan dengan /θ/ seperti pada kata think dan third. Dalam pelafalan huruf th ini, seperti ada tiupan ketika diucapkan. Tapi dalam beberapa kata seperti mother dan father, huruf th dilafalkan dengan /ð/. Huruf th yang dilafalkan dengan /ð/ tidak mengandung unsur tiupan ketika dilafalkan.

X
Biasa dilafalkan dengan /ks/ seperti pada kata box. Akan tetapi,  jika huruf x merupakan huruf pertama dalam sebuah kata, maka x dilafalkan dengan /z/.

Y
Umumnya dilafalkan dengan /y/ seperti pada kata yesterday. Dalam beberapa kata, huruf y dilafalkan dengan /i:/ seperti pada kata city. Adapun pada kata-kata seperti fly, huruf y dilafalkan dengan /ai/.

Sekian pembahasan tentang konsonan dalam pembelajaran Pronunciation. Bagian berikutnya bisa kamu baca pada part 2. Terima Kasih :D

Artikel ini diolah dari http://www.englishleap.com/other-resources/learn-english-pronunciation

0 Response to "Cara Melatih Pronunciation Bahasa Inggris"

Post a Comment

wdcfawqafwef