Cara Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris

Sumber Gambar : www.sekolahbahasainggris.com


Tidak ada cara cepat untuk mempelajari grammar dalam Bahasa Inggris. Belajar grammar membutuhkan waktu untuk dipahami dan digunakan dengan benar. Tapi, tips-tips di bawah ini bisa membantumu untuk mengingat grammar tersebut dan berbicara Bahasa Inggris dengan gramatikal yang benar.

Tense

Tense menggambarkan waktu terjadinya suatu kata kerja. Kamu harus menghafal bentuk-bentuk kata kerja mulai bentuk kata kerja pertama sampai ketiga. Pada kenyataannya, tidak semua tenses sering digunakan dalam pengucapan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, bergaullah dengan English speaker (pembicara Bahasa Inggris) yang baik agar terbiasa dengan tenses yang sering digunakan.


Penggunaan kata ganti (He/Him, She/Her, They/Them, We/Us, I/Me)

I, He, she, they dan we adalah kata ganti yang berfungsi sebagai subyek. Misalnya: I spoke to Lyla.

Me, him, her, them dan us adalah kata ganti yang berfungsi sebagai obyek. Misalnya: Listen to me!

Jangan mulai suatu kalimat dengan kata ganti orang pertama tunggal (I atau me). Misalnya: Raj, Sanvi and I went to a movie yesterday. (Benar)

I, Raj, and Sanvi went to a movie yesterday. (Salah)


Active and Passive Voice

Kalimat aktif (active voice) mudah untuk digunakan dan diucapkan. Pada kalimat aktif, subyek merupakan pelaku dari suatu aksi.

Adapun untuk mengubah suatu kalimat dari kalimat aktif menjadi kalimat pasif (passive voice), subyek dan obyeknya juga musti diubah (subyek jadi obyek, dan obyek jadi subyek).

Contoh :

Kalimat aktif : I found your book.

Kalimat pasif : Your book was found by me.


Prepositions

Preposition merupakan kata yang digunakan sebelum kata benda dan menghubungkannya dengan kata yang lain. Preposition biasanya diikuti oleh obyek pada suatu kalimat. Misalnya, I am listening to music.


Tips-tips lainnya

Questions tags selalu berlawanan dengan makna pertanyaan. Jika pertanyaannya berbentuk positif, maka question tag nya musti negative.

Contoh :

  1. You didn’t do it, did you?

  2. He came last night, didn’t he?

Kalimat tanya yang mengandung kata bantu does dijawab dengan kalimat yang mengandung ‘kata kerja bentuk pertama + s’. Does digunakan untuk singular (bentuk tunggal). Sedangkan kata ganti do dijawab dengan kata kerja bentuk pertama, dan digunakan untuk plural (jamak).

Contoh :

  1. What does he do? He teaches.

  2. What do they do? They dance.

  3. The machine does the drying by spinning.

  4. The machines do the drying by spinning.


Sekian tips-tips sederhana dalam belajar grammar. Mudah-mudahan tips tersebut bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Aaaaamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Artikel ini diolah dari https://www.urbanpro.com/a/improve-english-grammar-english-speaking-tips

0 Response to "Cara Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris"

Post a Comment

wdcfawqafwef