Solusi atau Cara Mengatasi Penyakit Susah Tidur (Insomnia)


ILUSTRASI (www.blogmamen.com)

 

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas tentang faktor-faktor penyebab seseorang mengalami insomnia. Nah, setelah mengetahui faktor-faktor penyebab insomnia, tentu kamu ingin mengetahui solusi atau cara mengatasinya. Well, berikut akan kami uraikan solusi untuk mengatasi penyakit insomnia:

Mengubah kebiasaan yang mengganggu tidur


  1. Berolahraga. Olahraga merupakan cara yang sangat ampuh untuk mengatasi insomnia. Kamu tidak musti masuk gym. Kamu bisa melakukannya dengan cara-cara yang sederhana seperti jogging, bersepeda, bermain sepakbola, takraw, voli, ataupun bulu tangkis tergantung olahraga mana yang kamu senangi. Lakukan hal tersebut minimal 30 menit sehari. Tapi, jangan berolahraga pada saat mendekati jam tidur.
  2. Hindari tidur setelah jam 3 sore
  3. Kurangi minum minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan nikotin terutama 8 jam sebelum waktu tidur.
  4. Hindari makan pada rentang waktu 2 jam sebelum tidur
  5. Biasakan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari
  6. Pastikan kamar tidurmu tenang, gelap, dan sejuk. Suara, cahaya, dan panas dapat mengganggu tidur. Nyalakan kipas angin untuk menjaga kamar tidur tetap sejuk. Dan juga, tutup gorden untuk menghalangi cahaya masuk.
  7. Jangan menonton TV atau menggunakan barang-barang seperti tablet, smartphone, dan komputer satu jam sebelum tidur

Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan relaksasi otot tidak hanya membantu menenangkan pikiranmu, tapi juga membantu untuk membuatmu cepat mengantuk dan tidur lebih cepat. Dan semua itu tanpa efek samping.
Beberapa metode relaksasi yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:


  1. Pernafasan perut. Menarik nafas yang dalam dapat membuatmu rileks. Tutup matamu dan tarik nafas yang dalam dan pelan. Usahakan setiap nafas lebih dalam daripada nafas sebelumnya. Tarik nafas dengan hidung dan lepaskan dari mulut.
  2. Relaksasi otot. Buat dirimu merasa nyaman. Mulai dengan kaki. Renggangkan otot-ototnya serenggang mungkin yang kamu bisa. Tahan sampai 10 hitungan dan kemudian rileks. Terus lakukan ini pada setiap otot di tubuhmu mulai dari kaki sampai kepala.
  3. Meditasi pikiran. Duduk dengan rileks dan fokuslah kepada pernafasanmu. Biarkan pikiran dan emosimu datang dan pergi. Tetaplah fokus pada pernafasan dan badanmu.

Mengatasi Rasa Cemas dan Stres

Stress, rasa khawatir, dan marah dapat membuatmu sulit untuk tidur. Solusinya adalah:

  1. Tinggalkan tempat tidur jika kamu tidak bisa tidur. Jangan paksa dirimu untuk tidur jika memang tidak bisa. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu rileks seperti membaca, mandi, dan lain sebagainya. Dan jika rasa ngantuk mulai kamu rasakan, kembalilah ke tempat tidur.
  2. Bicaralah dengan seseorang tentang kekhawatiranmu itu. Berbicara dengan seseorang yang peduli denganmu adalah cara yang ampuh untuk mengurangi stres dan rasa khawatirmu. Orang itu tidak musti mampu mengatasi masalahmu. Dia hanya perlu menjadi pendengar yang baik.
  3. Jika kamu stres karena pekerjaan, keluarga, ataupun sekolah, pelajarilah cara mengatasi stres tersebut. Cobalah untuk tetap tenang dan berpikir positif.

Pergi ke Ahli

Pergilah ke orang yang profesional atau dokter jika:

  1. Strategi-strategi di atas tidak berhasil;
  2. Insomnia mu telah menyebabkan masalah serius baik di rumah, di tempat kerja, maupun di sekolah;
  3. Muncul gejala yang mengkhawatirkan seperi sakit di dada atau sulit bernafas
  4. Penyakit insomnia mu berlangsung setiap malam bahkan semakin parah.

Demikianlah solusi atau cara mengatasi penyakit susah tidur (insomnia). Saya berharap artikel ini dapat bermanfaat untuk orang banyak. Kamu bisa share artikel ini agar orang lain dapat merasakan manfaatnya. Dan jika terdapat kesalahan di dalam penulisan artikel ini, saya memohon maaf dan silahkan tulis kritik dan saran kamu pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.


0 Response to "Solusi atau Cara Mengatasi Penyakit Susah Tidur (Insomnia)"

Post a Comment

wdcfawqafwef