Cara Integrasi IDM dengan Mozilla Firefox

Apakah kamu mengalami hal-hal berikut ini:

IDM tidak dapat terintegrasi dengan Firefox

Panel Download video tidak muncul

IDM tidak dapat mengunduh dari Firefox

Ekstensi IDM ter-disabled karena tidak kompetibel (cocok)


Jika jawabannya iya, sebaiknya kamu baca poin-poin di bawah ini untuk mengatasi masalah kamu tersebut.


1. Tim Mozilla memperbaharui browser Firefox setiap 6 minggu sekali sehingga integrasi IDM ke Firefox pun diperbaharui 6 minggu sekali. Oleh karena itu, pastikan kamu telah menginstal versi IDM yang terbaru.

2. Periksa apakah integrasi ke Firefox dibolehkan pada settingan IDM, Klik ikon Options, kemudian General :

 
Jika dibolehkan namun proses integrasi tetap tidak berhasil, berikut hal-hal yang mungkin terjadi:


3. Masalah pada Ekstensi IDM (IDM extension) di FireFox

Pada saat IDM baru diinstal atau diperbaharui, IDM akan meminta untuk merestart Firefox agar Firefox dapat mendeteksi add-on baru IDM tersebut. Setelah Firefox, direstart, kotak dialog seperti di bawah ini akan muncul untuk mengkonfirmasi pemasangan add-on IDM pada Firefox:


Centang kotak “Allow this installation” seperti pada gambar di atas.

Jika kamu tidak melakukan hal-hal di atas ketika menginstal atau mengupdate IDM pada komputer kamu, mungkin itulah penyebabnya mengapa IDM tidak terintegrasi dengan Firefox. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencoba untuk memperbarui ekstensi IDM pada Firefox. Masuk ke menu utama Firefox, kemudian klik Add-ons. Atau klik Tools, kemudian Add-ons.


Setelah itu, kotak dialog Add-ons akan muncul. Klik tab atau ikon Extension. Cari IDM Integration (Internet Download Manager integration module for Mozilla):


Jika integrasi IDM tidak dibolehkan (disabled), klik Enable kemudian restart Firefox.

4. IDM extensions
4.1. Karena adanya perubahan pada Firefox 40, maka dibuatlah add-on baru untuk Firefox dengan ID yang baru pula. Add-on versi lama bernama IDM CC, sedangkan yang baru diberi nama IDM Integration. Add-on versi baru tersebut mendukung semua versi Firefox mulai dari versi 27. Adapun yang versi lama mendukung versi 1.5 sampai 26. Perlu dicatat bahwa, IDM dilengkapi dengan kedua versi add-on tersebut, sehingga mungkin saja kamu bisa menemukan kedua ekstensi tersebut secara bersamaan pada settingan Firefox.



Masalah bisa juga terjadi karena IDM menemukan rekam jejak pada system registry tentang versi lama Firefox (termasuk Aurora, atau WaterFox) yang terinstal dan bisa digunakan pada komputer kamu. Atau karena kamu memiliki dua versi firefox yang berbeda yaitu 32 bit dan 64 bit. Solusinya adalah jika kamu sudah tidak menggunakan Firefox yang lama, lebih baik kamu Uninstal saja, kemudian restart IDM dengan klik Tasks pada menu IDM, kemudian Exit, baru setelah itu buka kembali Firefox yang baru. Dengan demikian, ekstensi IDM yang lama (IDM CC) tidak akan muncul lagi pada pengaturan (Setting) Firefox. Namun, jika kedua ekstensi tetap muncul, baik yang versi lama maupun yang baru, namun hanya satu yang Enabled (dibolehkan) maka biarkan saja.

 
4.2. Jika ekstensi yang lama (IDM CC) terinstal secara manual, makan kamu bisa menghapusnya dengan mengklik tombol Remove yang ada di sebelah kanan:


5. Integrasi juga tidak dapat terjadi karena browser diluncurkan dalam mode Admin. Hal ini dapat terjadi karena kamu memasang Firefox dengan menggunakan program perantara seperti Total Commander.

Itulah kelima hal yang berpotensi menjadi penyebab gagalnya integrasi IDM dengan Firefox. Mudah-mudahan permasalahanmu dapat terselesaikan setelah membaca artikel ini. Aaaaamiin :D

 Artikel ini diolah dari http://www.internetdownloadmanager.com/register/new_faq/bi4.html

Sumber Gambar : http://www.internetdownloadmanager.com

0 Response to "Cara Integrasi IDM dengan Mozilla Firefox"

Post a Comment

wdcfawqafwef