Cara Menangkap Gambar Tampilan Layar (Screenshot) Komputer Dengan Mudah

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengampil gambar tampilan layar atau screenshot. Di antaranya adalah dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi seperti Spinning Tool dan PicPick. Ketiga cara tersebut dapat digunakan untuk mengambil screenshot dengan cepat dan efisien. Langkah –langkah penggunaannya pun cukup sederhana. Selain itu,  tersedia beberapa format gambar yang bisa kamu pilih ketika kamu akan menyimpan gambar screenshot tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya :

MENGGUNAKAN TOMBOL PRINT SCREEN

Mengambil screenshot (tangkapan layar) pada Windows adalah salah satu hal yang paling mudah dilakukan terlepas dari jenis OS (Operating System) yang digunakan. Hanya terdiri atas beberapa langkah, dengan catatan bahwa kamu memiliki software atau aplikasi yang dibutuhkan.

Langkah Pertama
Menangkap gambar : Tekan tombol Print Screen yang biasanya terletak pada bagian kanan atas keyboard. Harus diingat bahwa dalam mengambil gambar, tidak akan ada notifikasi jika gambar telah berhasil diambil.

Langkah Kedua
Buka aplikasi Paint : Klik Start, klik All Programs, klik Accessories kemudian Paint. Atau bisa juga dengan mengetik Paint pada kotak pencarian (Search).


Langkah Ketiga
Paste (tempel) gambar: Setelah aplikasi terbuka, klik Paste pada bagian kiri atas atau tekan Ctrl + V pada keyboard. 


Langkah Keempat
Simpan gambar : Sebelum menyimpan gambar, kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu. Misalnya, memotong gambar. Untuk menyimpan gambar, tekan F12 pada keyboard, beri nama file atau gambar, pilih lokasi penyimpanan gambar, dan juga pilih format gambar yang diinginkan. Dan terakhir, klik Save.

Catatan : Jika menggunakan Windows 8 atau 10, gambar akan otomatis tersimpan pada folder Sreenshots komputer kamu setelah menekan tombol Windows + Print Screen.

MENGGUNAKAN SNIPPING TOOL

Snipping tool merupakan aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengambil gambar tampilan layar (screenshot). Selain bisa digunakan untuk mengambil gambar tampilan layar secara keseluruhan maupun tampilan windows yang aktif, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk memilih secara manual area mana pada layar yang gambarnya ingin diambil.

Langkah Pertama
Buka Snipping Tool : Klik Start, All Programs, Accessories (Windows Accessories), dan terakhir Snipping Tool. Bisa juga dengan langsung mengetik Snipping Tool pada kotak pencarian.


Langkah Kedua
Pilih jenis guntingan atau potongan gambar yang diinginkan : Setelah aplikasi terbuka, klik tanda panah yang ada di samping kanan tombol New. Pilih jenis potongan gambar yang diinginkan. Free-form snip memunginkan pengguna untuk mengambil gambar dengan bentuk yang tidak beraturan. Rectangular-snip memungkinkan untuk memilih gambar dengan menarik persegi pada area yang akan diambil. Window snip digunakan untuk mengambil gambar tampilan jendela yang aktif. Sedangkan Full-screen snip digunakan untuk mengambil gambar tampilan seluruh layar.



Langkah Ketiga
Menentukan area yang akan diambil gambarnya :  Gunakan mouse untuk menentukan area yang ingin diambil gambarnya.

Langkah Keempat
Simpan gambar : Edit gambar jika diinginkan. Setelah itu, klik File pada bagian kiri atas. Klik Save as. Pilih lokasi penyimpanan dan format yang diinginkan. Jika gambar memuat teks, maka format png akan lebih baik agar teks yang ada lebih jelas terbaca. Beri nama gambar tersebut. Dan terakhir, klik Save.

USING PICPICK

Langkah Pertama
Download dan instal PicPick : Klik tombol berwarna hijau pada bagian kiri homepage PicPick. Setelah proses download selesai, instal aplikasi tersebut.

Langkah Kedua
Buka PicPick : Klik Start, All Programs, PicPick, dan terakhir aplikasi PicPick.


Langkah Ketiga
Pilih jenis seleksi : Apabila aplikasi telah terbuka, pilih jenis seleksi yang akan digunakan pada bagian Screen Capture yang ada pada bagian kiri bawah jendela aplikasi. Seperti halnya pada Snipping Tool, kamu bisa memilih antara Free-form, Rectangular, Window, maupun Full-screen. Selain itu, ada juga pilihan Fix-region dan Scrolling window.

Langkah Keempat Dan Kelima
Pilih area yang diinginkan kemudian save : Pada tahap ini, langkah-langkahnya sama dengan ketika menggunakan Snipping Tool.

Itulah ketiga cara yang dapat digunakan untuk mengambil gambar screenshot pada komputer. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat ya. Terima kasih telah membaca.

Artikel ini diolah dari http://www.digitaltrends.com/computing/how-to-take-a-screenshot-on-pc/#!bJ0B8F

Sumber Gambar : http://www.digitaltrends.com

0 Response to "Cara Menangkap Gambar Tampilan Layar (Screenshot) Komputer Dengan Mudah"

Post a Comment

wdcfawqafwef