Belajar Bahasa Inggris dengan Cerita



Sumber Gambar : http://www.belajaringgris.net/


Membaca atau mendengarkan cerita berbahasa Inggris merupakan salah satu alternatif yang menyenangkan untuk mempelajari Bahasa Inggris. Dengan membaca atau mendengar cerita, tanpa kita sadari kita bisa mengetahui banyak kosakata baru serta cara menggunakan dan mengombinasikannya dengan kata-kata yang lain.

Cerita yang baik adalah cerita yang mampu mendorong kita sebagai pembaca untuk terus membaca, membuka halaman demi halaman, serta mebuat pembaca penasaran dengan apa yang akan terjadi berikutnya terhadap tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut.

Ketika membaca sebuah cerita, emosi kita akan larut, baik itu bahagia, sedih, takut, marah, dan lain-lain. Mengapa? Karena pada saat kita membaca atau mendengar sebuah cerita, kita bakal merasa menjadi bagian dari cerita tersebut. Kita mungkin akan menyukai atau membenci tokoh-tokoh pada cerita atau mungkin kita merasa memiliki masalah yang sama dengan apa yang terjadi di dalam cerita. Jika kita telah merasa menjadi bagian dari cerita tersebut, maka tokoh-tokoh yang ada dalam cerita akan terasa nyata sehingga kata-kata dan tata bahasa yang digunakan dalam cerita terproses di otak secara lebih mendalam.

Pada kenyataannya, budaya pun diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui cerita. Para leluhur meyakini bahwa cerita merupakan cara terbaik agar sejarah dan informasi tentang cara berhubungan dengan orang lain dan alam sekitar tidak hanya dipahami namun juga diingat.

Metode belajar Bahasa Inggris melalui cerita juga bisa diterapkan pada anak-anak. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa melalui cerita pelajaran Bahasa Inggris akan terasa lebih menyenangkan dan berkesan sehingga pas untuk mereka.

Berikut adalah contoh penggalan cerita Bahasa Inggris. Misalkan, pembacanya adalah seorang anak berusia delapan tahun yang memiliki ketertarikan dengan binatang. Menurut kamu, apakah ia akan tertarik dan ingin terus membaca cerita tersebut?

Many birds and animals live in the world, for example, parrots, pandas, lions, leopards and rabbits. In the sea we can find whales, dolphins, sharks and octopuses.
My younger brother is called Fred. Fred's very interested in animals. He talks and asks questions about animals ALL the time! Fred's really interested in parrots and pandas and lions and leopards and rabbits. But Fred's favourite animals live in the sea. He has pictures of whales, dolphins, sharks and octopuses on all the walls of his bedroom.
Sumber: Do whales have stomach aches? (Storyfun for Movers, Cambridge University Press, 2011).

Untuk memilih cerita yang baik, hal-hal yang perlu dipertimbangkan adalah :
Apakah tokoh utama cerita tersebut mudah diidentifikasi?
Apakah cerita tersebut memiliki daya tarik yang kuat untuk membuat pembacanya terus membaca sampai selesai?
Apakah cerita tersebut tidak terlalu panjang atau pendek?
Apakah tampilan buku cerita tersebut menarik?
Apakah buku cerita tersebut dilengkapi dengan ilustrasi agar lebih menarik?

Untuk memperoleh manfaat semaksimal mungkin, kita juga musti mempertimbangkan tingkatan bahasa yang digunakan. Apakah grammar dan kosakata yang ada tidak terlalu susah atau terlalu mudah? Apakah buku cerita tersebut mampu mendukung proses belajar anak di sekolah?

Buku cerita tidak hanya membuat anak-anak menjadi tertarik untuk membaca. Tetapi, dengan itu kita juga bisa memancing mereka untuk menceritakan kembali apa yang mereka telah baca dalam Bahasa Inggris sehingga kemampuan berbicara si anak juga dapat berkembang.

Jika si anak enggan membaca atau kurang percaya diri untuk membaca Bahasa Inggris, kita bisa membantunya dengan membacakan cerita tersebut kepadanya. Pada saat membaca tersebut, kita berhenti pada bagian-bagian tertentu seraya memancing si anak dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ‘What do you think will happen next? (Apa kira-kira yang akan terjadi berikutnya?)’.

Bagaimana? Metode ini patut dicoba bukan? Segera terapkan dan rasakan manfaatnya.

Artikel ini diolah dari : http://www.cambridgeenglish.org/learning-english/parents-and-children/information-for-parents/tips-and-advice/008-learning-english-through-stories/

Baca juga :

0 Response to "Belajar Bahasa Inggris dengan Cerita"

Post a Comment

wdcfawqafwef