Membantu Anak Belajar Bahasa Inggris dengan Perangkat Digital

Sumber Gambar : http://www.bundasugi.com/

Pada zaman sekarang ini, semakin banyak hal dalam hidup kita yang menggunakan teknologi digital. Teknologi baru terus bermunculan. Begitu pula dengan cara melakukan tugas-tugas, bersenang-senang, bertemu orang-orang dan berkomunikasi, segalanya telah berubah. Cara anak-anak belajar bahasa Inggris pun berubah. Sekarang, anak-anak memiliki akses ke seluruh dunia dari informasi di Internet. Jadi, apa yang bisa orang tua lakukan untuk membantu anak-anak mereka mengambil keuntungan dari perubahan ini? Artikel ini akan mengulas lima cara untuk dapat membantu anak-anak dalam belajar Bahasa Inggris.

1. Bermain Games Tidak Buang-Buang Waktu

Orang kadang berpikir bahwa permainan komputer hanyalah membuang-buang waktu. Namun, sebenarnya hal tersebut dapat menjadi cara yang bagus untuk anak-anak belajar dan mengembangkan keterampilan yang dapat mereka gunakan sekarang dan di masa depan. Banyak game online yang memungkinkan pemainnya untuk berkomunikasi dengan pemain lain di seluruh dunia dan memahami apa yang terjadi. Bahasa yang paling sering digunakan tentu adalah bahasa Inggris. Jadi, ini adalah cara yang bagus untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan keterampilan interaksi sosial anak-anak, bukan hanya tata bahasa dan kosa kata. Ada juga permainan yang dirancang khusus untuk membantu pemainnya belajar bahasa Inggris. Salah satu website yang patut dicoba adalah Cambridge English Parentsand Children. Pada website tersebut, ada banyak permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak, baik sendiri maupun dengan orang tua.

2. Cintai Internet

Internet adalah salah satu media yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Tentunya ada resiko yang mengintai jika kita membiarkan anak-anak menggunakan internet. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengawasi anak-anak ketika sedang menggunakan internet. Misalnya, orang tua harus mengatur kontrol orangtua (parental control) pada web browser yang digunakan. Anak-anak juga musti diberitahu untuk tidak memberikan informasi pribadi secara online, termasuk pada situs web, aplikasi atau game online. Resiko ini tidak boleh menjadi penghalang bagi anak-anak untuk belajar, bersenang-senang dan berinteraksi secara online. Generasi muda sekarang ini memiliki akses ke data, musik, video, gambar dan teman-teman baru dengan cara yang dulunya tidak mungkin dilakukan. Penting bagi orang tua untuk membiarkan anak-anak mereka menikmati dan melakukan hal-hal tersebut. Jika anda sebagai orang tua ingin membantu, anda bisa membuat kuis atau mengarahkan anak-anak anda untuk mencari informasi di internet. Tentunya hal tersebut dilakukan dalam Bahasa Inggris. Misalnya, anda bisa meminta anak-anak anda untuk mencari resep untuk makan malam dalam Bahasa Inggris, atau meminta mereka untuk membantu merencanakan liburan.

3. Menciptakan Lingkungan Digital yang Positif

Perangkat digital seperti ponsel, komputer dan tablet semestinya tidak menjadi penghalang bagi anak-anak untuk belajar. Malahan perangkat-perangkat tersebut seharusnya membantu mereka dalam belajar. Jika perangkat-perangkat tersebut hanya digunakan untuk kesenangan semata, maka itu tidak baik karena perangkat-perangkat itu akan mengalihkan perhatian anak-anak dari pelajaran mereka. Cobalah untuk menjadikan perangkat-perangkat tersebut bagian dari kehidupan sehari-hari di rumah, namun penggunaannya harus diarahkan dengan baik. Maksudnya, anak-anak harus diarahkan untuk menggunakan perangkat-perangkat tersebut tidak hanya untuk bersenang-senang, namun juga untuk kegiatan belajar seperti pekerjaan rumah, penelitian dan tugas-tugas sekolah lainnya. Hal tersebut akan membuat mereka lebih mudah dalam belajar. Orang tua sebaiknya memberikan batasan untuk anak-anak mereka dalam melakukan hal-hal yang kurang mendidik. Orang tua juga bisa melibatkan anak-anak mereka ketika membuat aturan tentang bagaimana dan kapan menggunakan perangkat-perangkat digital tersebut.

4. Persiapkan Anak-Anak Untuk Mampu Melakukan Pekerjaan-Pekerjaan Secara Digital

Banyak pekerjaan yang mengharuskan untuk dilakukan secara digital. Banyak pula yang melibatkan komunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara. Hal ini berarti perusahaan membutuhkan orang-orang dengan keterampilan digital yang baik dan keterampilan bahasa Inggris yang baik pula. Anak-anak yang tumbuh di lingkungan digital yang mendukung dapat mempelajari keterampilan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di masa depan. Bantu anak-anak anda untuk memahami teknologi dan merasa nyaman dengan cara kerja dan berkomunikasi secara digital dalam Bahasa Inggris. Jika anak-anak anda sudah cukup umur dan mulai berpikir tentang pekerjaan di masa depan, mintalah mereka untuk mencari beberapa situs pekerjaan dan mencari tahu keahlian yang mungkin mereka akan butuhkan di masa depan.

5. Tunjukkan Minat Anda

Orang tua sebaiknya melibatkan diri dalam aktivitas anak-anak mereka pada perangkat-perangkat digital dan internet.  Hal ini benar-benar akan membantu mereka dalam belajar. Anak-anak akan mempunyai reaksi yang berbeda bergantung pada usia mereka, tetapi kebanyakan anak-anak akan bersemangat untuk berbagi apa yang mereka lakukan dan apa yang terjadi dalam hidup mereka. Ajukan pertanyaan tentang permainan digital yang mereka mainkan dan mintalah mereka untuk menunjukkan dan menjelaskan tentang permainan tersebut. Jika anda memiliki masalah dengan komputer atau ponsel anda, coba tanya anak-anak anda. Mungkin mereka bisa membantu. Atau, minta mereka untuk menemukan solusinya di internet. Jika anda melibatkan diri dalam aktivitas anak-anak anda, siapa tahu anda juga bisa belajar hal-hal baru bukan?


0 Response to "Membantu Anak Belajar Bahasa Inggris dengan Perangkat Digital"

Post a Comment

wdcfawqafwef