Cara Memperbaiki HP yang Terkena Air

Cara Memperbaiki HP yang Terkena Air
Sumber Gambar : http://dbagus.com/

Jika kamu menjatuhkan android (smartphone) mu ke toilet, wastafel atau kolam renang, jangan langsung panik! Cepatlah bertindak agar kamu dapat mencegah smartphone mu dari kerusakan. Berikut merupakan 10 langkah-langkah sederhana untuk memperbaiki handphone yang jatuh ke dalam air.

Angkat hp mu dari air secepat mungkin. Semakin lama terendam air, semakin banyak air atau cairan akan meresap melalui celah-celah hp mu. Setelah keluar dari air, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan segera dan beberapa hal pula yang harus kamu hindari untuk mencegah kerusakan pada hp.

Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

  • Menyalakan hp tersebut
  • Menekan tombol apapun (kecuali untuk segera mematikan hp).
  • Menggoncang
  • Membongkar hp. Hp biasanya dilengkapi dengan Liquid Damage Indicator (LDI) yang apabila diaktifkan dapat membatalkan garansi hp mu. Hal ini dapat dipicu ketika kamu membongkar hp mu. Kecuali jika kamu benar-benar perlu dan berpengalaman, silahkan lakukan.
  • Meniup : hal ini bisa menyebabkan air masuk ke bagian internal lain.
  • Memanaskan : termasuk menggunakan hair dryer.
  • Mendinginkan : seperti memasukkannya ke dalam freezer.

10 Langkah Memperbaiki HP dari Kerusakan Akibat Air

  1. Segera matikan hp mu.
  2. Buka casing pelindung serta kartu SIM dan microSD.
  3. Buka baterai (bila memungkinkan).
  4. Gunakan kain atau handuk untuk mengeringkan hp mu. Usakan airnya tidak menyebar.
  5. Jika diperlukan, gunakan vacuum cleaner dengan hati-hati untuk menghisap air yang sulit dijangkau dengan kain. Pastikan semua barang kecil seperti kartu microSD, kartu SIM, dan baterai telah dibuka sebelum mencoba hal ini.
  6. Masukkan hp mu ke dalam sebuah tempat beras sampai beras tersebut menutupi semua bagian hp. Beras sangat bagus untuk menyerap cairan dan ini adalah metode yang sangat umum digunakan untuk mengeringkan hp atau tablet.
  7. Biarkan hp mu selama satu atau dua hari sampai kering. Untuk sementara, gunakan hp lain. Kamu bisa pinjam hp teman atau keluargamu jika benar-benar perlu.
  8. Setelah beberapa hari, coba kamu ambil hp mu dari tempat penyimpanan beras, masukkan baterai dan hidupkan.
  9. Jika hp mu tidak bisa dihidupkan, coba kamu cas. Apabila cas tidak masuk, mungkin baterainya rusak. Tes dengan menggunakan baterai lain. Atau, pertimbangkan untuk membawa hp mu ke tempat servis untuk diperiksa oleh ahlinya.
  10. Namun, jika hp telah aktif dan berjalan sebagaimana mestinya, jangan senang dulu. Coba amati dulu dalam beberapa hari apakah hp benar-benar normal atau ada yang tidak beres. Mainkan musik untuk mengecek speaker dan pastikan juga layar sentuhnya berfungsi dengan baik.
Demikianlah hal-hal yang musti kamu lakukan apabila hp mu kemasukan air. Lain kali, hindari membawa hp jika pergi ke kolam, kamar mandi atau mencuci piring. Oke? :D



Artikel ini diolah dari https://www.androidpit.com/how-to-fix-smartphone-dropped-in-water

0 Response to "Cara Memperbaiki HP yang Terkena Air"

Post a Comment

wdcfawqafwef