Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia
Sumber Gambar : http://polinemati1b.blogspot.com

Menurut wikipedia, Internet singkatan dari interconnection-networking merupakan sebuah sistem global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer dan saling berhubungan satu sama lain di seluruh dunia. Komputer yang terhubung ke Internet dapat melakukan pertukaran data dengan cepat.

Saat ini, hampir semua bidang kehidupan manusia bisa terhubung ke Internet. Misalnya seperti promosi produk, pekerjaan, komunikasi, berkomunisasi di sosial media dengan teman, dan masih banyak lagi aktivitas manusia lainnya yang terkait dengan Internet. Peran internet dalam kehidupan manusia begitu besar. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mengetahui sedikit tentang sejarah perkembangan internet khususnya di Indonesia.

Internet di Indonesia pertama kali digunakan di Universitas Indonesia pada tahun 1988. Pada saat itu, akses ke internet masih sangat sulit dan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Selain itu, internet waktu itu belum banyak diketahui atau dikenal oleh publik. Teknologi baru yang digunakan pada saat itu untuk menyediakan koneksi ke internet belum terkelola secara optimal.

Berdasarkan catatan yang ada pada Whois ARIN dan APNIC, Protokol internet atau dalam Bahasa Inggris yaitu Internet Protocol (IP) yang pertama di Indonesia adalah UI-NETLAB (192.41.206/24) yang didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo adalah beberapa nama legendaris dalam awal perkembangan internet di Indonesia tahun 1992 sampai tahun 1994. Mereka telah memberikan kontribusi dalam hal keahlian dan dedikasi untuk mengembangkan jaringan internet di Indonesia.

Pada tahun 1994, didirikanlah Internet Service Provider (ISP) di Indonesia. Internet pun mulai dikenal oleh masyarakat. Perlahan-lahan akses internet semakin mudah diperoleh dan banyak ISP baru yang berdiri.

Operator seluler juga tidak ingin ketinggalan dalam menambah fasilitas internet pada layanan mereka. Kemudahan dalam mengakses internet membuat hampir semua orang Indonesia dapat menikmati akses internet dengan baik dari ponsel, layanan internet kafe, ataupun berlangganan paket internet. Sekarang ini, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 45 juta orang, atau sekitar 20% dari populasi Indonesia dari 250 juta orang.



Artikel ini diolah dari https://arieftech.wordpress.com/2013/04/25/history-of-the-internet-in-indonesia-and-the-world/

0 Response to "Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia"

Post a Comment

wdcfawqafwef