Cara Mudah Membuat Website Gratis Sendiri dengan 5 Langkah Mudah Ini

Sumber Gambar : http://www.seoterpadu.com/

Sebagian besar pemula masih menganggap cara membuat website gratis sendiri merupakan hal yang mustahil. Mereka juga berpikir kalau membuat situs dengan ekstensi .com atau .net harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Padahal sekarang sudah banyak metode membuat website yang mudah dan murah. Anda juga tidak perlu membeli buku mahal-mahal, karena cara membuat website dapat dicari di dunia maya. Modal utama untuk memulainya pun cukup mudah, yakni koneksi internet yang stabil dan komputer atau laptop.

Setelah mempersiapkan laptop dan koneksi internet, Anda dapat memulai pencarian melalui mesin pencari seperti Google. Dari sana Anda akan menemukan hasil pencarian yang banyak seputar cara membuat website yang mudah untuk pemula. Seperti penjelasan tentang lima langkah mudah untuk mempunyai website sendiri di bawah ini:

  1. Menentukan Tema Website yang Sesuai

Menentukan tema untuk website bukan hanya memberi pengaruh terhadap konten, tetapi juga jumlah pengunjung (visitor). Website Anda mungkin hanya akan dikunjungi kurang dari seribu orang per hari kalau situs tersebut diakses sekitar sepuluh ribu orang saja per bulan. Hal tersebut mungkin tidak akan memberi pengaruh banyak kalau website-nya bersifat personal atau pribadi. Namun, lain cerita kalau Anda mengurus situs bertema bisnis atau untuk perusahaan. Sebab, jumlah pengunjung yang datang ke website akan mempengaruhi keuntungan hingga reputasi perusahaan tersebut.

Maka tahap kesatu dalam cara membuat website gratis sendiri adalah memilih tema yang cocok untuk website Anda. Pilihlah tema yang sering dicari dalam mesin pencari dengan memakai bantuan Google Adwords Keyword Planner. Google Adwords sebenarnya dipakai oleh mereka yang mau pasang iklan di Google dengan mengetahui kata kunci apa yang paling banyak dicari. Metode ini pun bisa Anda terapkan saat menentukan tema yang dapat memancing banyak pengunjung. Pemakaian Google Adwords akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat situs perusahaan dan bisnis.

  1. Mencari Domain .com Bermutu

Berapa biaya yang diperlukan untuk membeli domain .com? Nominalnya bisa berbeda tergantung pihak provider, tapi rata-rata sekitar Rp 120,000 dan bisa lebih murah atau mahal. Anda juga harus membayar semaca iuran tahunan setelah membeli domain tersebut. Sebelumnya, tentukan dahulu nama untuk situs yang akan Anda kelola. Jika website bersifat personal, Anda dianjurkan memakai nama pribadi. Lantas untuk perusahaan atau bisnis, usahakan namanya berkaitan dengan tema dari konten yang akan diurus. Pastikan namanya tidak terlalu panjang atau kurang dari 20 karakter.

Setelah menemukan nama yang sesuai, cara membuat website gratis sendiri selanjutnya adalah dengan mencari provider yang sesuai. Sekarang mencari jasa penyedia domain .com memang mudah, tapi Anda tetap harus waspada meski mereka menawarkan harga murah. Selidiki profil provider tadi, termasuk dari server, kapasitas penyimpanan, hingga pelayanan dari customer service. Pastikan mereka mempunyai customer service 24 jam, jadi Anda tidak akan kesulitan mengontak mereka saat website tiba-tiba down. Jika Anda pemula, gunakan jasa provider yang sudah terkenal dan reputasinya bagus.

  1. Menyediakan Tempat Hosting bagi Website

Hosting merupakan tempat penyimpanan (server) data dari situas Anda yang nantinya dapat diakses oleh siapapun di internet. Perusahaan yang menyediakan hosting akan memberikan jasanya kepada mereka yang mau membayar iuran bulanan atau tahunan agar situsnya tetap online. Terdapat berbagai pilihan pemakaian, salah satunya Shared Hosting di mana satu server dipakai beragam situs. Ada pula Virtual Private Server di mana server hanya dipakai oleh satu orang saja. Namun VPS tidak dianjurkan bagi pemula, karena pengguna harus tahu seluk-belum pemograman terlebih dahulu.

Lantas, setelah menemukan tema dan domain yang tepat, cara membuat website gratis sendiri yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah membeli hosting. Dalam hal ini, Anda juga harus memperhatikan biaya serta target pengunjung dari website tersebut. Jangan paksakan diri kalau tidak sanggup membayar iuran bulanan atau tahunan dan cukup gunakan hosting gratisan. Namun, hosting gratis hanya cocok bagi web jangka pendek. Sedangkan kalau Anda akan mengelola website jangka panjang, disarankan memakai hosting berbayar. Cari hosting dengan harga murah, tetapi memiliki fitur dan pelayanan yang berkualitas.

  1. Menguasai CMS untuk Membuat Website

Content Management System atau disingkat menjadi CMS adalah sistem yang dipakai untuk mengelola website. Dalam arti lain, CMS adalah laman Admin di mana Anda akan mengatur konten situs seperti artikel, widget, tema, dan lain sebagainya. Jadi baik atau buruknya tampilan website sangat ditentukan dari bagaimana cara Anda dalam menggunakan CMS untuk pengelolaan konten. CMS pada masing-masing hosting pun tentunya berbeda-beda.

Jadi, cara membuat website gratis sendiri selanjutnya adalah menguasai fitur CMS pada website tadi. Blogspot dan WordPress adalah salah dua blog dengan CMS yang paling sering dipakai. Sebenarnya masih banyak pilihan alternatif seperti Druppal atau Joomla yang bisa Anda pakai. Tampilan CMS pada Blogspot dinilai lebih sederhana dan tidak merepotkan para pemula. Di sisi lain, CMS pada WordPress mempunyai banyak kelebihan, salah satunya kemudahan dalam menambahkan plugin pada website. Semuanya kembali lagi pada kebutuhan Anda dan situs yang akan dikelola.

  1. Memasang Template atau Theme Website

Tampilan website merupakan salah satu poin utama yang menentukan pengunjung untuk tetap melihat atau meninggalkan situs Anda. Maka dari itu, setelah mengurus empat poin di atas, sekarang waktunya bagi Anda untuk menentukan tampilan dari situs dengan memakai template atau theme. Perbedaan dari dua istilah ini adalah template dipakai oleh pengguna Blogspot dan theme untuk pengguna WordPress. Sebagian besar template yang disediakan Blogspot dapat dipakai secara cuma-cuma. Sedangkan di WordPress, beberapa theme harus Anda bayar dahulu untuk kemudian dipakai.

Maka dari itu, menentukan template dan theme dalam cara membuat website gratis sendiri harus Anda perhatikan secara saksama. Bagi Anda yang menggunakan Blogspot mungkin tidak akan mengalami masalah saat menentukan template. Namun pengguna WordPress kadang bingung harus memilih theme gratis atau berbayar. Theme gratis memang mengurangi pengeluaran Anda, tetapi tampilannya kurang begitu menarik. Sementara yang berbayar, selain lebih bagus, juga mempunyai layanan tambahan. Salah satunya, Anda dapat menghubungi pembuatnya kalau sewaktu-waktu theme mengalami kendala.

Sudah menyelesaikan lima langkah di atas? Jangan merasa lega dahulu, karena perjalanan Anda baru saja dimulai. Setelah website siap, kini Anda harus menyiapkan konten seperti artikel, foto, atau video untuk situs tersebut. Konten tersebut tentunya harus sesuai dengan tema dari website Anda. Setelah mengikuti cara membuat website gratis sendiri, Anda juga harus sanggup menarik pengunjung betah mengamati situs tersebut.

Terakhir, saya cuma bisa mendoakan mudah-mudahan website yang anda buat sukses, ya? Aaaaamiin.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Website Gratis Sendiri dengan 5 Langkah Mudah Ini"

Post a Comment

wdcfawqafwef