Sejarah Komputer Lengkap dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Sejarah Komputer Lengkap dan Perkembangannya
Sumber Gambar : http://tekno-hp.blogspot.com/

Sudah sepatutnya kita tahu sejarah komputer lengkap dan perkembangannya. Meski pemakaiannya berkurang karena tergeser laptop dan smartphone, komputer masih dibutuhkan dan dipakai oleh mereka yang belum mengenal teknologi terkini. Perangkat elektronik ini pun sudah lama membantu manusia untuk mempermudah pekerjaan-pekerjaan sulit. Komputer adalah alat bantu hitung di Periode Elektronik (1946 – sekarang) yang memakai sirkuit elektronik di dalamnya.

Komputer sampai kini telah melewati lima generasi dan untuk lebih jelasnya, mari simak pemaparan di bawah ini.
  • Komputer Generasi I

Sumber : http://bidakara.ac.id/

Komputer Generasi I berada di periode tahun 1946 sampai 1956. Tampilan komputer pada saat itu jauh lebih besar karena memakai tabung hampa udara atau vacuum tubes untuk sirkuitnya. Ukuran besar tadi juga membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit dan harus disimpan pada ruangan yang besar. Media penyimpanan (storage) luar untuk datanya menggunakan magnetik drum atau magnetik tape. Sedangkan bahasa mesin atau machine language dipilih sebagai pengendali perangkat elektronik raksasa tersebut.

Adapun contoh Komputer Generasi I seperti Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yang dikembangkan oleh John W. Mauchly bersama J. Presper Eckert di tahun 1946. Karya mereka dikenal juga sebagai First General Puprpose Electronic Computer. Kemudian ada Universal Automatic Computer (UNIVAC) yang memakai pita magnetik untuk media input serta output-nya. Kemudian ada IBM 701 dan IBM650 dengan magnetik drum sebagai media penyimpanan luarnya.
  • Komputer Generasi II

Sumber : http://bidakara.ac.id/

Sejarah komputer lengkap dan perkembangannya terus melaju seiring lahirnya Komputer Generasi II. Dalam generasi ini, bagian sirkuit sudah diganti dengan transistor. Adalah Bell Laboratories yang berjasa dalam mengembangkan transistor tersebut pada tahun 1947. Bentuk komputer di generasi II lebih kecil, hemat energi, bekerja cepat, sehingga dapat lebih diandalkan dibandingkan generasi I.

Pemakaian kode biner pun digantikan bahasa assembly yang terdiri dari berbagai singkatan. Sedangkan untuk contoh, IBM 1401 merupakan salah satu jenis Komputer Generasi II yang mulai tren di awal tahun 1960-an. IBM 1401 sendiri marak dipakai ada tahun 1965. Selain itu, kebanyakan perusahaan pun telah memakai komputer dari generasi II untuk mengolah data dan informasi keuangan.
  • Komputer Generasi III

Sumber : http://bidakara.ac.id/
Komputer Generasi III eksis di tahun 1965 sampai 1971-an. Generasi III pun bisa dibilang telah membuat perubahan besar dalam sejarah komputer lengkap dan perkembangannya. Transistor pada komputer di generasi II telah diganti dengan batu kuarsa (quartz rock) karena sudah dianggap tidak efisien. Lantas seorang insinyur dari Texas Instrument bernama Jack Kilby pun mengembangkan intergrated circuit atau sirkuit terintegrasi pada tahun 1958.

Selain itu, generasi III mempunyai media penyimpanan lebih besar dengan software yang menunjang. Perubahan-perubahan besar tadi pun mendorong kelahiran Komputer Generasi III. Di antaranya adalah IBM S/360 yang didesain untuk bidang teknik dan bisnis. Lantas ada GE 235 dan 600 yang merupakan produk dari General Electric. Sedangkan National Cash Register merilis seri Century.
  • Komputer Generasi IV

Sumber : http://bidakara.ac.id/
Pengembangan terus dilakukan hingga lahir Komputer Generasi IV pada tahun 1971. Pada generasi ini, Intel (Intel 8080) mengembangkan general purpose microprocessor untuk komputer mikro. Ada pula LSI atau Large Scale Intergration yang dikembangkan jadi Very Large Scale Intergration. Sebagian komputer di generasi IV telah memakai sistem operasi berkonsep GUI yang membuat sejarah komputer lengkap dan perkembangannya semakin mutakhir.

Apple II adalah salah satu contoh Komputer Generasi IV yang dikembangkan Steve Jobs bersama Steve Wozniak. Kemudian, ada juga IBM PC di mana kompatibelnya dibuat massal oleh berbagai perusahaan dan memungkinkan masyarakat untuk memakai komputer mikro. Produk IBM memakai prosesor dari Intel dan perusahaan lain seperti Advanced Micro Devices (AMD).
  • Komputer Generasi V

Sumber : http://bidakara.ac.id/
Komputer Generasi V adalah komputer generasi terakhir yang masih dikembangkan hingga sekarang. Komputer-komputer tersebut lahir sekitar tahun 1985 dengan ciri-ciri yang semakin canggih. Misalnya, di Jepang ada Institute for New Computer Technology di mana komputer dari generasi V dikembangkan. Sehingga perangkat lebih powerfull dan cerdas.

Adapula artificial intelligence yang sanggup mengerjakan beberapa kegiatan layaknya manusia. Sejarah komputer lengkap dan perkembangannya pada generasi V terus berkembang hingga ke perubahan bentuk fisiknya. Seperti yang kita lihat sekarang, sebagian besar komputer sudah memakai monitor layar datar dengan fitur-fitur canggih seperti touch screen dan software yang canggih.

Setelah mengetahui perkembangan komputer dari generasi I sampai V, kita pun perlu tahu tokoh-tokoh yang paling berjasa dalam teknologi komputer.

Tokoh-tokoh Terkenal di Balik Perkembangan Komputer

  • Charles Babbage

Babbage lahir tahun 1791 di Ingrgris yang kemudian dikenal sebagai penemu serta ahli matematika. Dia juga berhasil menciptakan sebuah model mesin bernama Difference Engine serta merancang Analytical Engine. Berkat karya-karyanya, Babbage mendapatkan julukan sebagai Father of the Modern Computer (Bapak Komputer Modern). Bahkan dalam Analytical Engine sudah terdapat lima unsur yang ada dalam sebuah komputer modern. Antara lain input device, tempat penyimpanan data, alat untuk proses, bagian kontrol pengolahan, serta output device.
  • Herman Holleirth

Dalam sejarah komputer lengkap dan perkembangannya, Holleirth berhasil menciptakan Tabulating Machine pada tahun 1886. Fungsinya adalah menghitung hasil dari sensus penduduk di Amerika Serikat pada tahun 1890. Lantas di tahun 1896, Holleirth mendirikan Tabulating Machine Company dan lantas di tahun 1924, dia melakukan merger bersama dua perusahaan. Kerja sama tadi lalu menciptakan IBM.Co atau International Business Machines Corporation.
  • Thomas Watson

Watson memimpin IBM.Co dari tahun 1924 sampai 1956. Di bawah kepemimpinannya, IBM telah sukses mendominasi pasar berkat perannya sebagai pemasok mesin untuk mengolah data. Kemudian, IBM pun dikenal sebagai salah satu pengembang komputer kenamaan. Selanjutnya di tahun 1981, IBM memasuki ranah bisnis komputer mikro lewat IBM PC.
  • Steve Jobs dan Stve Wozniak

Siapa yang tidak tahu dua tokoh yang berpengaruh besar dalam dunia teknologi ini? Di tahun 1976, Jobs dan Wozniak memperkenalkan komputer pertama yang memakai layar dan keyboard bernama Apple I. Mereka juga membentuk Apple Computer Inc. untuk kemudian mengembangkan penerus Apple I, yaitu Apple II. Dalam sejarah komputer lengkap dan perkembangannya, Apple dikenal sebagai perusahaan pertama yang mengembangkan pemakaian mouse pada PC di tahun 1983.
  • Bill Gates dan Paul Allen

Seperti halnya Jobs dan Wozniak, duo Bill Gates dan Paul Allen pun memiliki pengaruh besar terhadap dunia komputer sebagai pendiri Microsoft. IBM di tahun 1980 menentukan pilihannya kepada Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi untuk IBM PC. Sistem operasi tersebut kemudian akan kita kenal sebagai MS-DOS. Sejak tahun 1990-an, Microsoft menjadi perusahaan teknologi yang mendominasi di berbagai kalangan, terutama untuk software komputer.

Semoga sejarah komputer lengkap dan perkembangannya ini bermanfaat bagi kita semua!

0 Response to "Sejarah Komputer Lengkap dan Perkembangannya dari Masa ke Masa"

Post a Comment

wdcfawqafwef