Macam - Macam Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris

Macam - Macam Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris
Sumber Gambar : https://pixabay.com/

Dalam membentuk suatu kalimat Bahasa Inggris yang benar secara gramatikal (tata bahasa) diperlukan pengetahuan tentang kelas kata (Parts of Speech). Salah satu kelas kata yang perlu diketahui adalah kata kerja (verb). Dalam penggunaannya, kata kerja pun dapat dibagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan boleh atau tidaknya kata kerja tersebut digunakan dalam bentuk continuous. Berikut macam - macam kata kerja dalam Bahasa Inggris berdasarkan boleh tidaknya ia digunakan dalam bentuk continuous :

Normal Verb

Normal Verb adalah jenis kata kerja yang dapat digunakan dalam bentuk continuous maupun tidak. Kata kerja jenis ini biasanya merupakan kata kerja yang physical action (dilakukan dengan fisik) yang dapat dilihat secara langsung bahwa seseorang sedang melakukan sesuatu. Adapun contoh kata kerja yang termasuk normal verb yaitu run (berlari), walk (berjalan kaki), eat (makan), fly (terbang), go (pergi), say (mengatakan / berkata), touch (menyentuk), dan lain-lain.
Contoh kalimat :
Birds can fly = Burung dapat terbang.
The birds are flying = Burung-burung itu sedang terbang.

Non-continuous Verb

Non-continuous verb adalah jenis kata kerja yang jarang digunakan dalam bentuk continuous tense. Kata kerja yang termasuk dalam jenis ini biasanya merupakan kata kerja yang bukan physical action (tidak dilakukan dengan fisik) sehingga tidak dapat dilihat bahwa seseorang sedang melakukan sesuatu. Kata kerja yang merupakan non-continuous verb adalah kata kerja abstrak (seperti want, cost, seem, need, dll), kata kerja yang menunjukkan kepemilikan (seperti possess, own, dan belong), dan kata kerja yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau emosi (seperti like, love, hate, dislike, dll).
Contoh kalimat :
I like fish. (benar)
I am liking fish. (salah)

Mixed Verb

Kata kerja yang merupakan jenis mixed verb terkadang boleh digunakan dalam bentuk continuous tense dan terkadang pula tidak boleh. Hal tersebut bergantung pada makna kontekstualnya. Kalau secara makna, ia bersifat seperti normal verb maka ia boleh digunakan dalam bentuk continuous tense. Namun jika ia bersifat seperti non-continuous verb maka ia tidak boleh digunakan dalam bentuk continuous tense. Berikut contoh kata kerja yang termasuk mixed verb : appear, feel, have, hear, look, see, weigh, dan lain-lain.
I didn’t see Roy last night = Saya tidak melihat Roy tadi malam. (non-continuous verb)
Roy is seeing his academic advisor right now = Roy sedang menemui penasehat akademiknya saat ini. (normal verb)
Laurel thinks she is right = Laurel mengira dia benar. (non-continuous verb)
Laurel is thinking how to solve the problem = Laurel sedang berpikir bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. (normal verb)
Demikianlah pembahasan tentang macam-macam kata kerja dalam Bahasa Inggris berdasarkan boleh tidaknya ia digunakan dalam bentuk continuous. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda para pembaca.


Referensi : www.englishpage.com

0 Response to "Macam - Macam Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment

wdcfawqafwef