Cara Mencegah Dampak Negatif Internet pada Anak

Cara Mencegah Dampak Negatif Internet pada Anak
Sumber Gambar : https://pixabay.com/

Pada saat mengakses internet, hampir semua informasi bisa kita temukan di sana. Mulai dari yang bermanfaat sampai dengan yang bisa berdampak negatif khususnya pada anak-anak. Oleh sebab itu, dalam tulisan ini kami bermaksud untuk sedikit mengulas bagaimana cara menjaga anak-anak dari bahaya yang dapat mengancam mereka pada saat mengakses internet.

Di bawah ini kami telah merangkum hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga anak-anak anda dari bahaya internet.

Bicaralah dengan anak anda

Ajaklah anak anda untuk bicara. Beri tahu mereka apa yang seharusnya dan tidak seharusnya mereka lakukan pada saat mengakses internet. Berikut ini merupakan hal-hal yang mungkin bisa anda sampaikan kepada anak-anak anda.
  • Beri mereka pengertian bahwa mereka sebaiknya tidak memberikan informasi pribadi mereka di internet karena itu dapat mengundang bahaya untuk mereka.
  • Kasih tahu mereka untuk tidak bertemu dengan orang yang baru dikenal dari internet tanpa ditemani oleh orang tua. Sudah banyak terjadi kasus-kasus penculikan yang berawal dari perkenalan di dunia maya. Tentu anda tidak ingin hal-hal seperti itu terjadi kepada anak-anak anda.
  • Mereka harus didampingi oleh orang tua pada saat melakukan belanja online.
  • Jangan membuka link yang diterima lewat email atau social media tanpa pengawasan orang tua.
  • Jangan pernah memposting hal-hal yang bisa memancing kemarahan orang lain.
  • Beri tahu mereka bahwa mereka bisa berbagi atau bercerita dengan anda terutama jika ada hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman.

Awasi anak anda pada saat berselancar di dunia maya

Upayakan untuk tetap mengawasi anak-anak anda saat berselancar di internet. Jika anak anda memiliki smartphone, sebaiknya smartphone tersebut hanya diisi kuota yang khusus dipakai untuk social media. Jadi, dengan kuota tersebut anak-anak hanya dapat membuka social media tanpa bisa membuka website-website lainnya. Untuk mengakomodasi keperluan anak jika mereka perlu membuka website lainnya, anda bisa menyediakan komputer di suatu ruangan di mana kita bisa dengan mudah mengawasinya.

Periksa Internet History (Riwayat Internet) secara berkala

Selalu periksa Internet History. Pastikan anak anda tidak membuka konten-konten yang tidak pantas dibuka untuk anak di bawah umur. Pastikan mereka tidak menghapus Internet History setelah mengakses internet. Periksa juga addess bar untuk mengetahui alamat website apa saja yang anak anda telah ketik di situ.

Bertemanlah dengan anak anda di Social Media

Social media juga bisa menjadi sumber bahaya bagi anak-anak anda. Sosmed memang bisa membantu mereka untuk berkomunikasi dengan teman-teman mereka melalui internet, sosmed juga bisa membantu anak anda untuk menemukan teman-teman baru, tapi sosmed juga bisa menjadi tempat yang cocok bagi para penjahat untuk melancarkan aksi jahat mereka. Oleh karena itu, peringatkan anak-anak anda untuk tidak membagikan informasi pribadi mereka di social media. Sebaiknya atur profil sosmed anak anda agar hanya teman-temannya yang bisa melihat profil mereka. Selain itu, bertemanlah dengan anak anda di social media. Hal ini akan membuat anda lebih mudah mengawasi apa yang anak anda posting dan lakukan di social media.


Demikianlah tips atau cara mencegah dampak negatif internet pada anak. Mudah-mudahan dengan tips-tips di atas, anak anda bisa terlindung dari bahaya yang dapat menimpa mereka melalui dunia maya alias internet.



Referensi : http://www.computerhope.com/issues/ch000526.htm

0 Response to "Cara Mencegah Dampak Negatif Internet pada Anak"

Post a Comment

wdcfawqafwef